Jenis-jenis Tumor dan Pencegahannya

Tumor merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena telah terjadi pertumbuhan abnormal pada bagian sel/jaringan tubuh kita. pertumbuhan abnormal tersebut tidak terkendali. Sehingga penyakit tumor tidak boleh kita anggap sepele, mengingat banyak sekali para penderita penyakit tumor yang kehilangan nyawanya.
Jenis-jenis Tumor dan Pencegahannya
Jenis-jenis Tumor dan Pencegahannya
Pertumbuhan abnormal jaringan sel tersebut menyebabkan sebuah benjolan kecil. Benjolan tersebut bisa muncul di berbagai tempat atau organ manusia. mulai dari rahim, otak, hati, prostat dan lain sebagainya. Jika salah satu organ yang Anda miliki muncul benjolan yang terasa sakit secara tiba-tiba. Maka Anda harus lebih waspada, karena mungkin saja itu adalah penyakit tumor.

Jenis-Jenis Penyakit Tumor

Penyakit tumor pada dasarnya dibedakan menjadi 2 macam saja. perbedaan tersebut berdasarkan sifatnya yakni jinak dan ganas:

1. Penyakit Tumor Jinak
Penyakit tumor jinak merupakan pertumbuhan abnormal jaringan sel yang tidak merusak organ inangnya atau organ yang terserang. Maksud dari memiliki sifat jinak, penyakit tumor ini tidak bersifat agresif pada tubuh dan hanya bisa tumbuh hingga diameter 2 cm saja. bahkan beberapa kasus penyakit tumor jinak bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus melakukan penanganan medis seperti operasi dan segala macamnya. Akan tetapi ada banyak juga penderita penyakit tumor jinak berubah menjadi kanker. Hal ini terjadi karena pengaruh lingkungan, oba*t-oba*tan dan lain sebagainya yang menyebabkan komplikasi.

2. Penyakit Tumor Ganas
Lain halnya dengan penyakit tumor jinak, penyakit tumor ganas memiliki sifat yang sangat egresif terhadap organ yang terserang. Penyakit tumor ganas ini menyebabkan organ inang menjadi tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik, bahkan organ tersebut terpaksa mengalami disfungsi. Selain itu pertumbuhan penyakit tumor ganas juga bisa melebar melebihi 2 cm. Beberapa kasus pertumbuhan penyakit tumor ganas menyebar secara menyeluruh pada organ-organ tubuh. Sifatnya yang ganas membuat jenis penyakit tumor satu ini sering dijuluki dengan kanker. Untuk mengatasi penyakit tumor ganas haruslah dilakukan penanganan secara medis. Mulai dari pembedahan atau operasi, radiasi, sinar laser dan lain sebagainya. Mengingat penyakit tumor ganas tidak bisa dianggap sebagai penyakit sepele.

Cara Mencegah Penyakit Tumor Jinak dan Ganas

Nah sebelum Anda terkena penyakit tumor jinak ataupun pyakit tumor ganas, lebih baik lakukan langkah pencegahan dengan segera mungkin sebenarnya untuk mencegah penyakit tumor sangatlah mudah sekali. Yang terpenting Anda harus selalu menjalani pola atau gaya hidup sehat setiap harinya. untuk lebih spesifiknya lagi mengenai pencegahan penyakit tumor silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Menghindari roko*k dan konsumsi alkoho*l atau minuman keras lainnya.
2. Menghindari makanan berpengawet. Seperti makanan instan, makanan dalam kemasan dan lain sebagainya.
3. Konsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi.
4. Rajin dan rutin berolahraga.
5. Selalu rajin memeriksakan diri ke dokter atau ahlinya.

Itulah tadi beberapa jenis-jenis dan pencegah penyakit tumor.