Apakah Tumor Jinak Bisa Berkembang Menjadi Tumor Ganas ?

Penyakit tumor jinak merupakan sebuah gangguan kesehatan, dimana terjadi pertumbuhan sel atau jaringan secara tidak semestinya atau abnormal pada bagian beberapa organ di tubuh kita. penyakit tumor jinak bisa menyerang semua orang yang berada di tubuh, seperti otak, jantung, p***dara dan masih banyak lagi.
Apakah Tumor Jinak Bisa Berkembang Menjadi Tumor Ganas ?
ilustrasi tumor ganas
Gejala awal dari penyakit tumor jinak ini sangat sulit untuk didiagnosa, sehingga kita mungkin lebih banyak tahu bahwa kita telah terkena penyakit tumor jinak dari dokter dengan menggunakan alat medis. Gejala yang sulit diidentisifikasi inilah yang menghambat proses penyembuhan penyakit tumor jinak pada tubuh seseorang.

Sejatinya penyakit tumor jinak akan sembuh dengan sendirinya, akan tetapi beberapa kasus juga menunjukan bahwa adanya komplikasi yang terjadi pada tumor jinak, komplikasi tersebut menyebabkan tumor jinak berkembang menjadi tumor ganas.

Banyak sekali pasien atau penderita penyakit tumor jinak bertanya “Apakah tumor jinak bisa berkembang menjadi tumor ganas?”, hal tersebut mungkin saja terjadi, berkembangnya tumor jinak menjadi tumor ganas terjadi karena banyak sekali faktor, mulai dari kesalahan perawatan hingga karena terjandinya komplikasi akut.

Salah satu penyebab berkembangnya tumor jinak menjadi tumor ganas adalah operasi, mungkin banyak diantara pasien penyakit tumor jinak yang bisa sembuh karena melakukan operasi, akan tetapi ada banyak juga pasien yang melakukan operasi pengangkatan tumor jinak, mereka malah mendapati dirinya mengalami gejala penyakit tumor ganas.

Berkembangnya penyakit tumor jinak menjadi tumor ganas ini sering  dikaitkan dengan tubular adenoma, yaitu semacam polip yang menjadi awal timbulnya kanker kolon, perkembangan sel yang tidak normal pada penyakit tumor jinak diakibatkan oleh jaringan adenoma tersebut, dimana jaringan adenoma tersebut mengalami sebuah komplikasi akibat dari sebuah operasi ataupun kesalahan perawatan, sehingga menyebabkan jaringan tumor jinak tersebut berubah menjadi tumor ganas.

Selain karena operasi, faktor yang menyebabkan berkambangnya penyakiit tumor jinak menjadi tumor ganas adalah karena pengaruh oba*t-oba*tan kimia dan radiasi, oba*t-oba*tan kimia yang berbahaya akan membuat jaringan tumor jinak mengalami sebuah infeksi atau iritasi, dari sinilah penyakit tumor jinak berubah menjadi penyakit tumor ganas, sama-sama halnya dengan pengaruh radiasi, seperti radiasi sinar X, sinar UV dan lainya, radiasi-radiasi buruk tersebut dapat menjadi pemicu pertumbuhan jaringan tumor jinak menjadi tumor ganas, bahkan beberapa kasus karena pengaruh radiasi tersebut penyakit tumor jinak bisa berubah menjadi kanker yang mematikan.

Kesimpulanya bisa dikatakan penyakit tumor jinak dapat berkembang menjadi tumor ganas, gejala perkembangan tersebut memang sangat sulit untuk didiagnosa, namun ketika penderita mengalami sebuah gejala yang berbeda dengan saat awal terkena penyakit tumor jinak, maka bisa dipastikan itu merupakan gejala awal berkembangnya penyakit tumor ganas di dalam tubuh.