Penyakit Tumor Jinak Pada Ovarium

Penyakit tumor jinak pada ovarium adalah timbulnya sebuah gangguan kesehatan berupa benjolan pada bagian ovarium. Penyakit tumor jinak ovarium ini memiliki dua sifat yang berbeda yakni neoplastik dan non-neoplastik. Yang membedakan antara kedua sifat tersebut adalah pertumbuhan dari tumor jinak, dimana pada neoplastik pertumbuhanya bisa mencapai ukuran yang lebih besar, sedangkan untuk non-neoplastoik, pertumbuhan benjolan tumor jinak tidak akan lebih besar dari diameter 2 cm.
Tumor Jinak Pada Ovarium
Tumor Jinak Pada Ovarium
Penyebab Tumor Jinak Pada Ovarium

Penyebab penyakit tumor jinak pada ovarium sendiri sampai sekarang belum diketahui secara pasti, akan tetapi menurut banyak ahli, penyakit tumor ovarium disebabkan karena pengaruh buruk lingkungan, seperti lingkungan industri. Hal ini terbukti dari banyaknya penderita tumor jinak ovarium di negara-negara insutri, contohnya negara Inggris.
Gejala Penyakit Tumor Jinak Ovarium

Untuk gejala penyakit tumor jinak ovarium belum ada yang menandakan lebih spesifik, akan tetapi ada beberapa gejala yang bisa dijadikan untuk diagnosa penyakit tumor jinak ovarium ini, meliputi ketidaknyamanan abdomen, dyspepsia, flatulens dan distresgastrointestinal, gejala tahap lanjut (asites, penurunan BB, obstruksi usus dan nyeri).

Terapi Pengobatan Penyakit Tumor Jinak Pada Ovarium

Sedangkan untuk pengobatan penyakit tumor jinak pada ovarium ini bisa Anda tempuh melalui dua macam terapi, antara lain terapi bedah dan kemoterapi.

1. Terapi Bedah
Cara mengatasi penyakit tumor jinak pada ovarium yang pertama adalah dengan melakukan terapi bedah, terapi bedah ini dilakukan menurut stadium dari penyakit tumor jinak ovarium itu sendiri, fungsi dari terapi bedah ini adalah untuk memberikan penanganan yang jauh lebih baik terhadap benjolan, selain itu juga berfungsi untuk mengetahui letak, stadium dan tingkat kerusakan jaringan akibat dari bejolan tumor tersebut.

2. Kemoterapi
Mungkin sudah banyak yang mengetahui kemoterapi berguna untuk mengatasi penyakit tumor jinak, sebenarnya untuk semua jenis tumor jinak pada dasarnya sama saat melakukan kemoterapi ini, namun sebelum Anda melakukan kemoterapi, lebih baik pikirkan terlebih dahulu secara matang, karena jika organ ovarium terkena kemoterapi terlalu lama, akan menyebabkan kamndulan atau tidak bisa hamil lagi. Anda bisa membicarakan hal tersebut terlkebih dahulu terhadap dokter yang akan melakukan kemoterapi ke penyakit tumor jinak ovarium Anda.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai tumor jinak pada ovarium, karena penyakit tumor jinak ovarium ini sangat berbahaya dan berada di dalam, selain itu juga menganggu sistem reproduksi wanita, maka haruslah segera untuk diatasi, karena jika tidak segera diatasi akan menyebabkan ovarium tidak berfungsi lagi, atau bisa dikatakan penderita akan mengalami kemandulan permanen. Jika Anda mengalami penyakit tumor jinak pada ovarium, lebih baik lakukan dua cara penanganan diatas, karena hingga sekarang yang terbukti  hasilnya dan banyak dilakukan adalah kedua terapi diatas.