Penyakit Tumor Jinak Pada Kulit

Penyakit tumor jinak di kulit adalah sebuah gangguan kesehatan dimana bagian jaringan mengalami pertumbuhan abnormal, sebenarnya penyakit tumor jinak di kulit sama halnya dengan penyakit tumor jinak pada bagian lain, akan tetapi yang membedakan secara jelas adalah pertumbuhanya, penyakit tumor jinak kulit dapat kita rasakan atau lihat pertumbuhanya dari hari ke hari.
Penyakit Tumor Jinak Pada Kulit
Penyakit Tumor Jinak Pada Kulit
Penyebab penyakit tumor jinak di kulit

1. Faktor penyebab internal
- Terjadinya imunitas dibawah ambang batas normal
- Katurunan atau genetik
- Pengaruh hormonal
- Ras atau suku (banyak terjadi pada ras kulit putih)

2. Faktor penyebab eksternal
- Sering terpapar sinar matahari (UVA/UVB).
- Terpapar sinat X-Ray ataupun radiologi dalam waktu yang relatif lebih lama.
- Seringnya mengonsumsi oba*t-oba*tan kimia yang mengandung seperti plumbum, berilium, arsen, cadmium, merkuri, dan logam-logam berat lainya.
- Adanya jaringan parut yang sudah lama muncul, seperti akibat luka operasi ataupun luka bakar yang sangat parah.
Gajala Pernyakit Tumor Jinak Pada Kulit
- Terjadinya sebuah pendarahan yang hebat, sehingga menyebabkan munculnya penyakit anemia.
- Tekanan dari benjolan tumor pada kulit menyebabkan rasa sakit, terlebih jika benjolan tersebut tersentuh.
- Kompresi air seni pada alat vital, baik pria ataupun wanita.
- Munculnya masalah saluran pencernaan, seperti sembelit, susah BAB, diare dan masih banyak lagi.

Penyakit tumor jinak pada kulit tidaklah sebahaya penyakit tumor jinak di otak, karena pada dasarnya penyakit tumor jinak kulit bisa diatasi dengan mudah yakni dengan melakukan berbagai macam terapi penyembuhan, Anda tidak perlu melakukan operasi untuk menyembuhkan tumor jinak pada kulit ini.

Namun jika penyakit tumor jinak tumbuh di kulit dekat alat vital, seperti kelamin, maka Anda harus segera melakukan sebuah operasi untuk mengatasinya, karena benjolan tumor jinak tersebut akan menyebabkan organ vital Anda tidak berfungsi secara maksimal sehingga menyebabkan gangguan kesehatan dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Jenis-jenis Tumor Jinak Pada Kulit

1. Keratosis Seboroik
Keratosis Seboroik adalah jenis tumor jinak pada kulit yang sering menyerang para orang tua atau lansia, biasanya penyakit tumor jinak tersebut berbentuk hitam seperti tahi lalat.

2. Veruka Vulgaris
Veruka Vulgaris merupakan jenis tumor jinak di kulit yang sering menyerang anak-anak, namun banyak juga orang dewasa yang terserang tumor jenis ini, benjolan yang muncul sebesar pentol korek, akan tetapi lama kelamaan akan berkembang dan berwarna kecoklatan.

3. Acrochordon (skin tag)
Acrochordon (skin tag) merupakan sebuah pertumbuhan jaringan epitel kulit yang abnormal. Jenis penyakit tumor jinak pada kulit satu ini sering menyerang berbagai macam golongan usia, mulai anak-anak, remaja hingga kaum dewasa, warna yang sering menonjol adalah warna seperti daging yang masih segar.

Itulah sedikit informasi mengenai penyakit tumor jinak pada kulit