Penyakit Tumor Jinak Pada Uterus

Penyakit tumor jinak pada uterus adalah tumor alat genital yang memiliki sifat neoplasma jinak yang terdapat pada ekstoservik atau endrometrium, penyakit tumor jinak pada uterus ini berbatasan tegas dan berbentuk seperti layaknya kapsul yang berasal dari otot polos dan jaringan ikat fibrosa.
Penyakit Tumor Jinak Pada Uterus
Penyakit Tumor Jinak Pada Uterus
Jenis-jenis Tumor Jinak Pada Uterus

Jenis-jenis penyakit tumor pada uterus dapat dibedakan menurut letaknya sebagai berikut:

1. Ekstoserviks
Ekstoservik merupakan jenis penyakit tumor jinak pada uterus yang sering menyerang wanita multipara, sebagai penampilan servisitis. Jenis penyakit tumor jinak uterus ini memiliki gejala nyeri dan terlihat sebuah benjolan kecil berwarna putih mengkilap, akan tetapi benjolan tersebut tidak akan tumbuh melebihi batas diameter 2 cm.

2. Endoserviks
Endoservik adalah jenis penyakit tumor jinak pada uterus yang terletak pada selaput lender Endoserviks, biasanya tumor jinak ini muncul dipengaruhi karena faktor lingkungan seperti virus, kuman ataupun bakteri dan penanganan harus dengan melakukan operasi.

3. Miomametrium
Miomametrium adalah jenis penyakit tumor jinak pada uterus dimana terdapat sebuah benjolan pada otot bagian uterus, benjolan ini bersifat neoplastik dan sering menyerang wanita berusia muda, sekitar 27 % penderita dari wanita muda berkulit hitam, penanganan biasanya dilakukan dengan operasi atau suntik cairan.

4. Endometrium
Endometrium sering dikatakan sebuah polip yang muncul setelah kita melakukan pemeriksaan histeroskopi. Penyakit tumor jinak pada uterus satu ini sering menyerang wanita lanjut usia atau menopause, mulai dari usia 30 tahun keatas.

Gejala-gejala Klinis Penyakit Tumor Jinak Uterus

Gejala-gejala yang muncul berbeda-beda, yang membedakan adalah tingkat stadium keparahan dari benjolan tersebut, jika masih kecil maka gejala yang akan ditimbulkan tidak akan terasa akan tetapi apabila sudah memasuki usia besar, maka gejala yang akan ditimbulkan lebih terasa.

1. Pendarahan abnormal
Gejala pendarahan abnormal sering dikira oleh para wanita sebagai sebuah gejala menstruasi, padahal pendarah abrnomal ini terjadi karena beberapa organ mengalami luka akibat tumor seperti hipermenore dan menoragia.

2. Rasa nyeri
Gejala penyakit tumor jinak pada uterus selanjutnya adalah munculnya rasa nyeri, terlebih jika saat malam dan pagi hari, rasa nyeri ini diakibatkan karena sekitar area benjolan penyakit tumor jinak mengalami peradangan, biasanya rasa nyeri menandakan bahwa dia terkena penyakit tumor jinak jenis miomametrium.

3. Adanya rasa berat
Ketika badan terasa berat, maka harus diwaspadai, karena hal tersebut bisa saja sebuah gejala penyakit tumor jinak pada uterus, gejala berat hampir sama persis dengan gejela penyakit hernia, seperti susah berdiri, perut terasa kembung dan lain sebagainya.

Seandainya Anda atau saudara anda mengalami beberapa dari gejala diatas, maka haruslah waspada, akan tetapi untuk lebih pastinya Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter, itulah sedikit ulasan mengenai penyakit tumor jinak pada uterus.