Gejala dan Penyebab Pemicu Kanker Paru-paru

Gejala dan Penyebab Pemicu Kanker Paru-paru – Seiring dengan bertambahnya usia semakin menurun pula kondisi kesehatan. Tak jarang berbagai penyakit kronis mulai menyerang tubuh maka dari itu kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit. Saat usia memasuki 40 tahun fungsi organ-organ tubuh mulai mengalami penurunan fungsinya masing-masing. Salah satu organ tubuh yang rentan terserang penyakit kronis yaitu paru-paru. Paru-paru adalah organ vital yang berfungsi utama sebagai organ pernapasan manusia. Nah bagaimana agar paru-paru tetap sehat dan tidak terserang penyakit misal yang parah yaitu kanker paru-paru. Caranya yaitu dengan secara dini mengetahui apa itu kanker paru-paru dan bagaimana gejala serta penyebab yang memicu kanker paru-paru.
Gejala dan Penyebab Pemicu Kanker Paru-paru
Gejala dan Penyebab Pemicu Kanker Paru-paru
Usaha untuk kenali tanda awal dan gejala kanker paru sebenarnya banyak sekali dibahas di blog-blog dokter maupun kesehatan lainnya namun masyarakat sekarang yang malas untuk mencari informasi jika belum membutuhkan. Maka dari itu perlu revolusi mental untuk mengubah paradigma masyarakat yang menunggu sakit dahulu baru bertindak. Salah satu caranya yaitu dengan mengenali secara dini bagaimana gejala kanker paru stadium awal sehingga dapat meminimalisir angka kejadian kanker paru-paru. Berikut ini adalah gejala dan penyebab kanker paru-paru dan cara mengatasinya secara lengkap


Gejala kanker paru-paru stadium 1
-Mulai sedikit batuk-batuk
-mengalami sesak napas ringan

Gejala kanker paru-paru stadium 2
-Mengalami batuk yang intensitasnya semakin sering
-Sesak napas yang semakin parah sehingga mulai sulit untuk bernapas, napas terasa berat
-Kehilangan nafsu makan
-Munculnya rasa malaise atau malas

Gejala kanker paru-paru stadium 3
-Mengeluarkan batuk yang berdarah
-Badan mulai pucat
-Berat badan menurun
-Sulit untuk bernapas
-Susah tidur saat malam hari
-Dada terasa sakit

Gejala kanker paru-paru stadium 4
-Kondisi paru-paru mulai tidak dapat berfungsi normal
-Mual dan muntah yang disertai dengan darah
-Dada terasa sakit sekali saat bernapasa
-Tenggorokan terasa sakit
-Tidak bisa berbicara dengan keras, mulai melirih karena menahan rasa sakit
-Mulai hilangnya kesadaran
-badan lemas dan tidak bertenaga
-berat badan akan menurun drastis

Penyebab yang memicu Kanker Paru-paru
- Kebiasaan merokok, hampir 70% penyebab kanker paru paru pada seseorang adalah karena kebiasaan buruk merokok. Sebatang rokok mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama untuk organ paru-paru. Nah bayangkan bila satu batang saja sangat berbahaya apalagi setiap hari 1 bungkus? Selain perokok aktif para perokok pasif juga sangat beresiko terkena kanker paru-paru karena asap yang dihirup oleh orang yang tidak merokok justru 2x lebih berbahaya. Maka jika anda sayang paru-paru anda dan orang disekitar anda sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk merokok karena kesehatan itu mahal harganya.

- penyebab kanker paru-paru selain merokok yaitu adalah karena polusi udaara dari asap-asap yang berbahaya seperti asap pembuangan pabrik, asap sepeda motor dan asap pembakaran lainnya. Hal inilah yang banyak menjadi penyebab kanker paru pada wanita , karena wanita sering terpapar asap maupun gas yang berbahaya, bayangkan jika setiap hari.

- Penyebab lainnya yang sangat mungkin terjadi yaitu akibat penyakit paru-paru basah yang tidak segera diobati sehingga dapat memicu timbulnya kanker paru-paru stadium awal. Faktor penyebab terjadinya paru-paru basah sendiri yaitu akibat adanya gelembung air di paru-paru, salah satu aktivitas yang memicu timbulnya paru – paru basah yaitu jalan-jalan pada pagi hari saat udara masih banyak embun.


Sekian penjelasan seputar Gejala dan penyebab pemicu kanker paru-paru diatas, mari kita jaga paru-paru yang telah dianugerahkan kepada kita dijaga dengan baik-baik, semoga setelah membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan anda. Jangan lupa share kepada teman atau saudara anda agar lebih bermanfaat lagi !!