Gejala dan Penyebab dari Tumor Otak

Gejala dan Penyebab dari Tumor Otak – Penyakit dewasa ini sangatlah bermacam-macam jenisnya, seiring bertambah majunya jaman semakin beraneka ragam pula pemicu yang mngurangi kebiasaan manusia untuk hidup sehat. Salah satu penyakit yang di masa sekarang mengalami jumlah peningkatan penderita yaitu adalah penyakit Tumor. Tumor sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Jika dilihat dari letak munculnya tumor masih dibagi lagi menjadi berbagai jenis yaitu misal di tangan maka tumor tangan jika di hati maka tumor hati. Nah salah satu yang paling berbahaya adalah tumor otak.
 
Gejala dan Penyebab dari Tumor Otak
Gejala dan Penyebab dari Tumor Otak
Definisi dari tumor otak sendiri yaitu munculnya atau berkembangnya sel secara abnormal di bagian otak. Tumor yang berkembang di otak bisa saja tumor jinak atau tumor ganas, jika termasuk dalam tumor ganas perkembangan sel abnormal tersebut dapat menjadi kanker yang berasal dari otak atau berasal dari bagian tubuh lain yang merambat menuju ke otak / bermetastatik. Tumor otak dapat menyerang siapa saja dan umur berapa saja maka lebih baik menjadi seorang yang sedia payung sebelum hujan, maksudnya alangkah baiknya mau sedikit tahu informasi mengenai tumor otak walaupun semua tak mengharapkan itu dan ingin diberi kesehatan. Berikut ini adalah gejala, penyebab dan faktor resiko tumor otak yang harus anda tahu.

Gejala Tumor Otak dan Kanker Otak
Ciri-ciri dan gejala umum tumor otak atau kanker otak dapat berupa :


- Tiba-tiba sering muncul sakit kepala atau pusing dalam intensitas yang berulang
- Mengalami rasa mual dan muntah tanpa sebab yang diketahui
- Mulai berkurangnya penglihatan, biasanya menjadi kabur
- Tiba-tiba tangan menjadi mati rasa dan ada yang mati separo rasanya
- Keseimbangan tubuh berkurang
- Mudah lupa dan menjadi pikun
- Mengalami gangguan menjadi sulit berbicara
- Berubahnya kepribadian dan perilaku sehari-hari
- Tiba-tiba mengalami kejang-kejang, namun kejang hanya berlangsung sebentar dan jarang sekali
-  Mengalami juga gangguan pendengaran menjadi agak berkurang

Penyebab pada Tumor Otak atau Kanker Otak
Faktor genetik atau faktor dari dalam

Salah satu penyebab yang menyumbang terbanyak kejadian tumor otak adalah karena faktor keturunan atau genetik. Riwayat keluarga sangat berpengaruh jadi apabila sanak saudara anda ada yang mengalami tumor otak maka anda wajib mewaspadai dan berhati-hati. Faktor trauma juga menyebabkan kejadian tumor otak, trauma kepala yang disebabkan karena adanya benturan atau hantaman dari luar sehingga memicu tumbulnya sel atau jaringan abnormal yang berkembang menjadi tumor di otak


Faktor eksternal atau faktor dari luar

Penyebab tumor otak yang merupakan faktor dari luar yaitu meliputi ketergantungan obat penenang, kebiasaan merokok dan minum alkohol, makanan yang kadar lemaknya tinggi, memakai minyak goreng yang sudah sering dipakai, selain bahan-bahan kimia yang bersifat karsinogenik serta akibat terkena paparan sinar radiasi yang tentunya dapat memicu berkembangnya sel abnormal dalam tubuh.




Faktor dari dalam dan dari luar tersebut adalah faktor yang paling banyak memicu kejadian terjadinya tumor otak, maka dari itu setelah membaca artikel ini semoga kita dapat secara dini mencegah jangan sampai kita dan generasi penerus kita sehingga dapat terhindar dari penyakit tumor otak dari sekarang. Senoga ulasan mengenai gejala dan penyebab tumor otak ini bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa share ya !!