Faktor Penyebab Munculnya Tumor

Penyakit tumor merupakan sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan karena telah terjadi pertumbuhan secara abnormal pada bagian jaringan sel dalam tubuh. Penyakit tumor bisa muncul dimana saja, mulai dari leher, rahim, hati, otak dan lain sebagainya. Penyakit satu ini sangat berbahaya sekali jika dibiarkan tumbuh dalam jangka waktu yang lama, karena kebanyakan penderita tumor kehilangan nyawanya. Terlebih jika penyakit tumor tersebut memiliki sifat ganas atau tumor ganas.
Tumor
Tumor
Faktor penyebab penyakit tumor sendiri ada banyak sekali.  Para ahli dan pakar kesehatan sebenarnya sudah melakukan penelitian terhadap penyebab utama penyakit tumor ini. apa saja faktor penyebab penyakit tumor itu? untuk mengetahuinya langsung saja simak ulasan berikut ini.

Faktor Penyebab Munculnya Tumor

1. Faktor obesitas
Faktor penyebab munculnya penyakit tumor yang pertama adalah obesitas atau kelebihan berat badan. setiap manusia memang memerlukan cadangan lemak untuk proses pembakaran energi atau penambah energi yang lebih banyak. Akan tetapi jika lemak tersebut di dalam tubuh jumlahnya lumayan banyak. Maka akan menyebabkan munculnya berbagai macam gangguan kesehatan. Salah satunya adalah munculnya penyakit tumor.

2. Faktor lingkungan
Faktor penyebab timbulnya penyakit tumor selanjutnya adalah faktor lingkungan. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa lingkungan tempat dia tinggal dapat menjadi penyebab utama penyakit tumor. Seperti jika Anda tinggal di lingkungan dekat industri, lingkungan yang kotor dan lain sebagainya. Faktor lingkungan menjadi penyebab munculnya penyakit tumor dapat terjadi karena setiap kita menghirup udara, menggunakan air ataupun yang lainnya. semua itu sudah terkontaminasi dengan berbagai bakteri, kuman, virus ataupun senyawa lainnya yang dapat memicu pertumbuhan abnormal pada jaringan sel tubuh kita.

3. Radiasi sinar matahari
Memang sinar matahari sangatlah baik bagi kesehatan karena merupakan sumber vitamin D. Akan tetapi jika kita terkena sinar matahari dalam waktu yang lama, terutama saat siang hari. Maka radiasi sinar matahari tersebut berubah menjadi malapetaka bagi kita. karena bisa menyebabkan munculnya penyakit tumor. Biasanya penyakit tumor yang disebabkan radiasi matahari akan muncul pada bagian permukaan kulit.

4. Faktor genetik atau keturunan
Faktor penyebab penyakit tumor yang terakhir adalah genetik atau keturunan. Setiap DNA yang dibawa oleh anak akan sama dengan orang tuanya, baik itu dari ibu ataupun ayahnya. Begitu pula susunan jaringan DNA penyakit tumor yang diderita orang tua sebelumnya. jaringan tersebut akan diturunkan kepada anak yang dilahirkan. Walaupun pada saat lahir penyakit tumor belum terdiagnosa, akan tetapi penyakit tumor akan terlihat saat dewasa nanti. Nah bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga sebagai penderita penyakit tumor. Maka Anda harus lebih waspada. karena anak dari penderita bisa berisiko 6x lebih besar terkena penyakit tumor.