Penyebab Timbulnya Tumor Ganas

Penyakit tumor ganas merupakan sebuah gangguan kesehatan yang terjadi pada jaringan, di mana pada jaringan tersebut mengalami pertumbuhan secara abnormal dan bersifat agresif. Karena sifatnya yang agresif inilah penyakit tumor ganas sangatlah berbahaya jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan secepatnya.
Penyebab Timbulnya Tumor Ganas
Penyebab Timbulnya Tumor Ganas
Lain halnya dengan penyakit tumor jinak, penyakit tumor ganas dapat membuat penderitanya lebih berisiko kehilangan nyawa. Menurut catatan WHO, sekitar 3.000 jiwa setiap harinya melayang akibat penyakit tumor ganas ini dari berbagai macam penjuru di dunia. lantas faktor apa saja yang menjadi penyebab munculnya penyakit tumor ganas ini?
Penyebab munculnya penyakit tumor ganas sendiri ada banyak sekali sebenarnya. Untuk mengetahuinya silahkan simak sedikit ulasan berikut ini.

Penyebab Timbulnya Tumor Ganas

1. Kelebihan berat badan (obesitas)
Obesitas menjadi faktor penyebab munculnya penyakit tumor ganas yang pertama. Obesitas atau kelebihan berat badan terjadi karena penimbunan banyak lemak di dalam tubuh. Timbunan lemak inilah yang memicu pertumbuhan jaringan menjadi tidak normal atau tidak semestinya. Maka dari itu jika Anda tidak ingin terkena penyakit tumor ganas, usahakan tidak memiliki berat badan yang berlebih.

2. Pengaruh alkoho*l
Seseorang yang sering mengonsumsi alkoho*l akan 10 kali lebih berisiko terkena penyakit tumor ganas. Terutama tumor ganas yang tumbuh di saluran pencernaan. Terkadang ada juga yang tumbuh pada bagian otak. Hal ini terjadi karena kandungan yang terdapat pada alkoho*l sebenarnya dapat membakar saraf dan jaringan. Akibat dari terbakarnya jaringan inilah yang memicu pertumbuhan sel bersifat abnormal dan agresif.

3. Pengaruh narkoba
Selain alkoho*l, narkoba juga menyumbang resiko sangat besar bagi seseorang terkena penyakit tumor ganas. Narkoba mengandung beribu-ribu senyawa kimia yang dapat memicu munculnya abnormalitas pertumbuhan jaringan sel pada bagian organ tertentu. Seseorang yang sering sekali menggunakan narkoba akan lebih berisiko terkena penyakit tumor ganas.

4. Lingkungan geografis
Tidak banyak memang yang menyadari bahwa lingkungan geografis tempat tinggal dapat memicu munculnya penyakit tumor ganas. Kita ambil saja contoh lingkungan industri. Di lingkungan tersebut tanah, air udara dan semua unsur sudah tercemar. Pencemaran inilah yang masuk kedalam tubuh kita dan menjadi penyebab munculnya penyakit tumor ganas. Selain lingkungan industri lingkungan yang kurang sehat dan kurang bersih juga menjadi pemicu munculnya penyakit tumor ganas pada seseorang.

5. Genetik atau keturunan
Memang tidak dapat dipungkiri faktor penyebab penyakit tumor ganas yang satu ini. setiap orang yang memiliki riwayat keluarga sebagai penderita penyakit tumor ganas. Dirinya akan 3 kali lebih berisiko terkena penyakit mematikan satu ini. nah bagi Anda yang memiliki riwayat tersebut, Anda harus lebih berhati-hati dan waspada.

Itulah beberapa penyebab munculnya penyakit tumor ganas