Epidemiologi Dan Etiologi Penyakit Tumor

Penyakit tumor merupakan sebuah gangguan kesehatan yang menyerang pada bagian jaringan sel. Dimana pada bagian jaringan sel tersebut mengalami pertumbuhan secara abnormal atau sering disebut dengan pertumbuhan secara tidak semestinya. Penyakit tumor dapat dibedakan menjadi 2 macam yakni penyakit tumor jinak dan penyakit tumor ganas.
Epidemiologi  Dan Etiologi Penyakit Tumor
Epidemiologi  Dan Etiologi Penyakit Tumor
Kedua jenis penyakit tumor tersebut memiliki perbedaan yang sangat jelas terlihat. Untuk penyakit tumor jinak jauh lebih tidak berbahaya dari pada penyakit tumor ganas, karena penyakit ini tidak akan menimbulkan kematian bagi penderita dan bisa sembuh hanya dengan melakukan operasi. Sedangkan untuk penyakit tumor ganas, haruslah melakukan penanganan melalui operasi, mengingat penyakit ini bersifat agresif dan dapat menimbulkan kematian bagi para penderitnya sendiri.

Apabila untuk mengetahui secara lebih mendalam mengenai penyebab (etiologi) ataupun epidemiologi dari penyakit tumor ini, silahkan simak ulasan berikut ini.

Epidemiologi  Dan Etiologi Penyakit Tumor

1. Radiasi berlebihan
Etiologi penyakit tumor yang pertama adalah terjadi karena pengaruh radiasi secara berlebihan. radiasi ini bisa berupa apapun. Mulai dari radiasi sinar matahari UVA dan UVB, radiasi sinar X dan lain sebagainya. Dimana radiasi-radiasi tersebut berisiko merusak bagian jaringan sel di organ tubuh kita. sehingga karena jaringan tersebut mengalami kerusakan, maka terjadilah pertumbuhan jaringan sel secara abnormal atau tidak semestinya yang juga sering disebut dengan gejala awal munculnya penyakit tumor. Baik itu penyakit tumor jinak ataupun penyakit tumor ganas.

2. Efek operasi
Tidak hanya terjadi karena radiasi saja. akan tetapi penyebab munculnya penyakit tumor juga dapat terjadi karena efek operasi. Terutama operasi pembedahan yang mengambil banyak area tubuh. hal ini dapat terjadi karena saat pasien menjalani operasi, bagian jaringan sel tubuh yang diberikan sayatan mengalami infeksi ataupun gangguan yang lain. sehingga hal inilah yang menyebabkan munculnya sebuah jaringan tumor. Kebanyakan seorang penderita penyakit tumor akibat operasi ini bersifat ganas. Terlebih bagi Anda yang memang memiliki riwayat keluarga sebagai penderita penyakit tumor.

3. Oba*t-oba*tan kimia dan konsumsi alkoho*l
Oba*t-oba*tan kimia memang sangat berguna bagi kesehatan kita. terlebih untuk penyembuhan sebuah penyakit. Akan tetapi jika oba*t-oba*tan kimia tersebut dikonsumsi secara berlebihan. maka malah jutru membahayakan kesehatan tubuh, karena dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit tumor. Hal ini terjadi karena pengaruh oba*t-oba*tan tersebut membuat bagian jaringan sel mengalami pertumbuhan secara abnormal. Selain oba*t-oba*tan kimia, konsumsi alkoho*l secara berlebihan juga tidak dianjurkan. Karena alkoho*l ini mampu meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit tumor ganas atau sering disebut juga dengan kanker.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai epidemiologi dan etiologi penyakit tumor. Pada intinya penyakit ini bisa dicegah yakni dengan menerapkan pola hidup sehat.