Apakah Penyakit Tumor Bisa Berubah Menjadi Kanker

Penyakit tumor merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada bagian jaringan sel. Dimana bagian ini telah terjadi pertumbuhan secara liar atau abnormal. Semakin lama pertumbuhan jaringan tumor tersebut akan semakin membesar. Inilah yang menjadi salah satunya alasan mengapa pada penderita penyakit tumor terdapat sebuah benjolan.
Apakah Penyakit Tumor Bisa Berubah Menjadi Kanker
Apakah Penyakit Tumor Bisa Berubah Menjadi Kanker
Benjolan pada penderita penyakit tumor sendiri sangatlah bervariasi. Mulai dari seukuran biji buah delima hingga berukuran sebesar buah anggur. Selain itu benjolan juga ada yang terasa sakit dan tidak terasa sakit. Akan tetapi apapun itu bentuk dan gejalanya penyakit tumor tidak boleh kita anggap sebagai penyakit yang sepele.

Penyakit tumor sendiri dapat dibedakan menjadi 2 macam menurut sifatnya. Jenis penyakit tumor yang pertama adalah penyakit tumor ganas, penyakit ini sangat berbahaya sekali jika diderita oleh seseorang, karena menurut catatan Organisasi Kesehatan Internasional atau WHO, penyakit tumor ganas dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya, bahkan angka kematian tersebut mencapai besaran melebihi penyakit jantung.

Sedangkan jenis penyakit tumor yang kedua adalah penyakit tumor jinak. Berbeda dengan tumor ganas, penyakit tumor jinak jauh lebih terkendali pertumbuhan jaringan abnormalnya dan bahkan penyakit ini bisa sembuh hanya dengan melakukan operasi pembedahan saja. selain itu tidak ada kasus kematian yang disebabkan karena penyakit tumor jinak.

Walaupun bukan penyakit yang berbahaya, tumor jinak tidak boleh kita anggap sebagai penyakit sepele. Karena jika tidak kita atasi dengan benar akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan yang lainnya. salah satu yang harus diwaspadai adalah penyakit tumor jinak dapat berubah menjadi tumor ganas atau kanker.

Ada banyak sekali penyebab mengapa penyakit tumor bisa berubah menjadi kanker antara lain sebagai berikut:

1. Terlalu lama terkena sinar Ultraviolet atau UV.
2. Bahan-bahan yang mengandung senyawa karsinogen (misalkan makanan yang dibakar mengandung senyawa kimia ataupun pengawet).
3. Telah terjadinya infeksi pada bagian benjolan tumor tersebut.
4. Terkena pengaruh pencemaran lingkungan (air, polusi udara dan tanah).
5. Terkontaminasi oleh oba*t-oba*tan kimia tertentu. Terutama oba*t-oba*tan seperti penambah hormon tubuh.
6. Minuman keras atau minuman beralkoho*l.
7. Konsumsi narkoba dan zat berbahaya lainnya.
8. Asap roko*k. Baik peroko*k pasif ataupun aktif.
9. Konsumsi makanan-makanan yang terlalu banyak mengandung lemak.
10. Melakukan diet yang salah dalam kurun waktu yang lama.
11. Berganti-ganti pasangan seksual.
12. Terjadi karena paparan radiasi radioaktif. Seperi sinar X-Ray dan sebagainya.
13. Terkena semacam luka yang menimbulkan infeksi akut.

Apabila Anda adalah seorang yang sedang menderita penyakit tumor, maka Anda harus lebih bisa merawat penyakit tersebut dan hindari beberapa kebiasaan-kebiasaan buruk di atas yang dapat memicu tumor tersebut berubah menjadi kanker.