Penanganan Medis Pada Tumor Jinak

Penyakit tumor jinak merupakan sebuah gangguan kesehatan yang terjadi pada bagian jaringan sel. Dimana bagian jaringan sel tersebut mengalami pertumbuhan secara tidak semestinya atau bisa disebut juga dengan abnormal. Penyakit tumor jinak memiliki pertumbuhan tidak melebihi diameter 2 cm dan lebih bersifat tenang dari pada penyakit tumor ganas.
Penanganan Medis Pada Tumor Jinak
Penanganan Medis Pada Tumor Jinak
Karena pertumbuhannya yang tidak agresif dan tidak menimbulkan kematian. Penyakit tumor jinak tidak digolongkan kedalam jenis penyakit yang berbahaya. Bahkan seseorang yang mengalami penyakit tumor jinak bisa disembuhkan hanya melalui satu tindakan medis.
Tidak seperti tumor ganas yang harus melakukan berbagai macam tindakan medis terlebih dahulu untuk bisa sembuh. Lantas tindakan medis penyakit tumor jinak apa saja yang bisa dilakukan penderita? Untuk mengetahuinya langsung saja simak ulasan berikut ini.

Penanganan Medis Pada Tumor Jinak

1. Pembedahan
Penanganan medis pada tumor jinak yang pertama adalah dengan melalui tindakan pembedahan atau sering disebut juga dengan operasi pembedahan. Caranya adalah dengan mengetahui letak terlebih dahulu sel tumor jinak tersebut dan melakukan pembedahan pada bagian atau area tersebut. cara ini banyak dilakukan oleh penderita. Karena selain murah, tindakan medis tumor jinak satu ini juga bisa dilakukan oleh banyak ahli di Indonesia.

2. Lumpektomi
Lumpektomi merupakan tindakan operasi yang berguna untuk mengangkat sel kanker ataupun tumor pada bagian organ tubuh. pengangkatan sel tumor jinak melalui metode ini dilakukan hanya sebagian saja yakni bagian yang memang bermasalah  atau bisa dikatakan tidak secara menyeluruh. Lumpektomi ini sangat dianjurkan dilakukan bagi penderita yang mengalami pertumbuhan jaringan penyakit tumor jinak bagian buah dada dan leher. Akan tetapi cara ini juga menimbulkan efek saming bagi penderitanya sendiri yakni nyeri, sakit dan bahkan bisa menyebabkan disfungsi organ yang dibedah atau dioperasi tersebut.

3. Mastektomi
Berbeda dengan lumpektomi, tindakan medis penyakit tumor jinak melaui mastektomi ini dilakukan dengan pengangkatan keseluruhan bagian sel yang bermasalah. Cara ini dilakukan pada penderita penyakit tumor jinak yang sudah sangat parah. Seperti sudah muncul benjolan dimana-mana, benjolan membesar dan parah. Akan tetapi Anda tidak usah khawatir, karena cara ini akan diimbangi dengan rekontruksi jaringan atau sel pada bagian organ tersebut, dengan harapan sel baru akan terbentuk secara alami. sedangkan untuk efek sampingnya sendiri tindakan medis satu ini sangatlah bervariasi. Mulai dari rasa sakit, meradang hingga terjadinya perubahan bentuk organ. Seperti yang tadinya halus dan datar sekarang menjadi kasar dan bergelombang.

Itulah beberapa penanganan medis pada penyakit tumor jinak. Memang tindakan medis tersebut sangat baik untuk mengatasi penyakit tumor jinak. Akan tetapi Anda harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya penyakit tumor jinak kembali.