Cara Mendeteksi Penyakit Tumor Ganas

Penyakit tumor merupakan sebuah gangguan kesehatan abnormalitas pertumbuhan jaringan sel pada bagian organ tubuh. penyakit ini bisa menyerang berbagai macam organ yang terdapat di tubuh kita. mulai dari leher, rahim hingga otak.
Cara Mendeteksi Penyakit Tumor Ganas
Cara Mendeteksi Penyakit Tumor Ganas
Penyakit tumor itu sendiri dibagi menjadi 2 menurut sifatnya yakni penyakit tumor jinak dan penyakit tumor ganas. Tentunya kedua jenis penyakit tumor tersebut sangatlah berbeda. Untuk penyakit tumor jinak sebenarnya tidaklah berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Akan tetapi untuk penyakit tumor ganas ini sangatlah berbahaya. Karena sifatnya yang ganas bisa merusak beberapa jaringan pada bagian tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kematian bagi penderitannya itu sendiri. lantas bagaimanakah cara mendeteksi penyakit tumor ganas itu sendiri?

Untuk mendeteksi tumor ganas ini sendiri sebenarnya ada banyak sekali cara sekarang ini. terlebih saat ini teknologi sudah semakin canggih. Langsung saja berikut ini cara mendeteksi penyakit tumor ganas.

Cara Mendeteksi Penyakit Tumor Ganas

Penyakit tumor ganas merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Setiap orang ingin mendeteksi secara lebih akurat mengenai ada atau tidaknya penyakit satu ini. salah satu cara medeteksi penyakit tumor ganas yang paling tepat adalah dengan menggunakan alat yang namanya PET/CT.

Pengertian Alat Pendeketsi Tumor Ganas PET/CT
PET/CT atau sering disebut juga dengan Positron Emission Tomography (PET) dan computerized tomography (CT) merupakan peralatan canggih diagnostik imaging masa kini. PET/CT adalah salah satunya alat yang mampu memberikan gambar secara jelas mengenai anatomi tubuh seseorang. Bahkan alat ini juga bisa mengetahui secara mendalam mengenai kebergunaan sebuah organ, metabolisme dan reseptor yang terdapat di dalam tubuh.

Selain itu yang lebih menariknya lagi, alat PET/CT ini juga mampu mendeteksi adanya sebuah penyakit tanpa harus melukai beberapa organ yang terdapat di dalam tubuh dan bahkan memiliki keakuratan mencapai 90 % mengenai letak adanya penyakit tumor ganas tersebut.

Langkah Deteksi Tumor Ganas Dengan PET/CT

1. Pasien: sebelum 6 jam pasien dilarang untuk melakukan aktivitas berat, makan, minum, menggunakan infus dan harus beristirahat.

2. Pemeriksaan: memperkenalkan beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan, pengukuran tinggi badan, berat badan dan mengisi data pemeriksaan.

3. Dokter: menanyakan riwayat penyakit yang pernah diderita pasien (terutama tumor ganas), menentukan tekanan darah, tingkat gula dalam darah dan mengetahui segala macam kondisi pasien.

4. Dilakukan penyuntikan oba*t PDG, kemudian pasien harus beristirahat selama 45 menit, tidak boleh bergerak, berbicara ataupun melakukan aktivitas yang lainnya.

5. Setelah selesai barulah dilakukan pemeriksaan PET/CT selama 30 menit dan untuk penyelesaian data-data yang didapatkan dari pemerksaan tersebut, biasanya memerlukan waktu selama 3 jam.

Itulah ulasan singkat mengenai cara mendeteksi penyakit tumor ganas.