Terapi Suportif Pada Penderita Penyakit Tumor Jinak

Penyakit tumor jinak merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada bagian jaringan, dimana jaringan tersebut mengalami pertumbuhan secara abnormal atau tidak semestinya. Hal inilah yang menyebabkan munculnya benjolan pada salah satu organ tubuh. Karena sifatnya yang jinak, benjolan penyakit tumor tersebut tidak akan tumbuh melebihi 2 cm dan bersifat tidak agresif.
Penyakit Tumor Jinak
Penyakit Tumor Jinak
Walaupun tidak berbahaya dari pada penyakit tumor ganas, akan tetapi jika penyakit tumor jinak ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. makaakan menimbulkan berbagai macam komplikasi, salah satunya berubah menjadi tumor ganas atau kanker.

Maka dari itu bagi Anda yang menderita penyaakit tumor jinak, akan sangat penting untuk mengatasi secepatnya. Ada banyak sekali cara mengatasi penyakit tumor jinak sekarang ini. mulai dari operasi pembedahan, radiasi, kemoterapi dan lain sebagainya. Akan tetapi sebelum melakukan penanganan tersebut lebih baik terapkan terapi suportif penderita penyakit tumor jinak.

Terapi suportif adalah pengobatan yang dilakukan untuk mendukung integritas fisionlogi dan fungsional pasien atau penderita hingga pengoba*tan yang lebih definitif dilaksanakan. Bagaimanakah terapi suportif penderita tumor jinak itu? untuk mengetahuinya langsung saja simak ulasan berikut ini.

Terapi Suportif Pada Penderita Penyakit Tumor Jinak

1. Perbanyak melakukan aktivitas gerakan
Olahraga sangat penting untuk selalu dilakukan penderita penyakit tumor jinak. Aktivitas gerakan fisik ini memiliki berbagai macam khasiat. Salah satunya adalah melawan pertumbuhan jaringan tumor jinak. Anda tidak harus melakukan aktivitas olahraga yang banyak menguras tenaga. Cukup dengan melakukan aktivitas olahraga ringan seperti senam, jogging, yoga dan lain sebagainya. Usahakan untuk setiap harinya minimal 30 menit saja.

2. Konsumsi makanan bernutrisi
Nutrisi juga tidak kalah penting untuk dikonsumsi para penderita penyakit tumor jinak. Karena pemulihan pernyakit tumor jinak akan berjalan dengan lebih baik jika kita memenuhi asupan nutrisi yang cukup. Anda bisa memilih-milih makanan yang memiliki nilai gizi yang cukup. Mulai dari buah, sayur, daging, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Usahakan makanan tersebut selalu berada di menu hidangan sehari-hari Anda.

3. Hindari roko*k dan alkoho*l
Roko*k ataupun alkoho*l sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. terlebih bagi para penderita penyakit tumor jinak. Karena roko*k dan alkoho*l mengandung senyawa yang mampu memicu pertumbuhan sel tumor jinak menjadi tumor ganas. Maka dari itu mulai sekarang hindari konsumsi alkoho*l dan roko*k sebisa mungkin.

4. Hindari stres
Memang stres tidak secara langsung memberikan dampak yang buruk bagi penderita penyakit tumor jinak. Akan tetapi dari keadaan stres inilah penderita biasanya akan melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk. Mulai dari begadang, konsumsi alkoho*l (mabuk), narkoba dan lain sebagainya. Di mana kebiasaan-kebiasaan tersebut sangatlah tidak baik bagi kesehatan.

Itulah beberapa terapi suportif atau pendukung penderita penyakit tumor jinak